Selamat Datang.. Berbagi Ilmu Pengetahuan sekitar Komputer dan Jaringan.

Rabu, 20 Februari 2013

On 03.05 by Unknown in    1 comment
1.SPEAKER
* Fungsi: Mengeluarkan Suara Bahasa Dari komputer / perangkat berbaring. Beit ITU musik, Suara manusia dll.
* Cara Kerja: Ketika mendengarkan Suara Bahasa Dari kartu suara, data digital Suara Yang berupa gelombang Wav atau mp3 Dikirim Ke kartu suara.. Data digital inisial di proses imunisasi meliputi oleh DSP (Digital Signal processing: Pengolah signal digital) bekerja Artikel Baru DAC (Digital Analog Converter: Konversi digital Ke Analog). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, sinyal analog Yang kemudian diperkuat Dan dikeluarkan melalui speaker.


Komponen    :
- Speaker Sound
- DSP

- DAC
2.PRINTER
* Fungsi                 : Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.
* Cara Kerja          : ada berbagai macam jenis printer disini saya akan menjelaskan salah satu jenis printer yaitu jenis Laser. Cara kerja  printer sebagai berikut :  Sebuah laser ditembakkan sesuai dengan dot-dot yang akan dicetak. Spinning mirror menyebabkan dot-dot menyebar pada drum. Drum berputar pada garis selanjutnya. Drum ini adalah photosensitive, karena sinar laser, drum menjadi terisi muatan listrik dimanapun titik yang akan dicetak. Sejalan dengan drum yang terus bergerak, bagian terisi muatan dari drum melewati tangki yang berisi serbuk hitam yang dinamakan toner. Toner menempel ke drum pada bagian yang terisi muatan sehingga pola toner pada drum sesuai dengan image yang akan dicetak. Selembar kertas kemudian dilewatkan drum.
Komponen    : 
-   Drum
-   Toner
-   Corona wire
-   Fuser
-   Laser scanner
-   Roller

3. MONITOR/LCD
* Fungsi: Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan.
* Cara Kerja          : Disini saya akan mengambil contoh Monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display). LCD terbagi dari 2 bagian utama Yaitu backlight dan kristal cair. Backlight adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon. Lampu Backlight ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar.
Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan menutup serapat- rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.
·   Komponen     : -  Backlight 
·    Kristal Cair
4.HEADPHONE
* Fungsi sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasita lebih       kecil Di bandingkan dengan speaker.
* Cara Kerja : suara yang telah di input melalui Microphone dikirim ke  soundcard Data digital ini kemudian diolah/ diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan memlalui Headphones.
Komponen      :
-  speaker
-  DAC
-  DSP


5.PROYEKTOR LCD
* Fungsi                : untuk menampilkan gambar pada sebuah Layar.
* Cara kerja             : bekerja berdasarkan prinsip pembiasancahaya yang dihasilkan oleh panel-panel
LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkanwarna-warna dasar, merah, hijau dan biru
(R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCDdalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD  tersebut yang telah disatukan oleh sebuah  prisma khusus. Gambar yang telah  disatukan tersebut kemudian dilewatkan  melalui lensa dan di”jatuh”kan pada layar  sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.
Komponen      :
-  ventilasi
-  Lensa
-  Socket
-  Sensor
-  Component Video
-  Tabung dichroic combiner

1 komentar: