Selamat Datang.. Berbagi Ilmu Pengetahuan sekitar Komputer dan Jaringan.

Senin, 25 November 2013

On 23.39 by Unknown in    No comments

 
Virus di flash disk, ini adalah sesuatu yang sangat kita hindari. Banyak cara virus bisa masuk ke flash disk kita. Salah satunya dengan mencoloknya di komputer rental, ya benar di warnet atau rental adalah tempat yang sangat rentan dengan virus. Berhati-hati jika memasang flash disk di kedua tempat itu.  Solusinya adalah dengan memiliki flash disk khusus untuk ke rental atau warnet.
Saya juga mengalami hal tersebut, ketika hendak mencetak (ngeprint) file ebook bahan thesis network coding, di rental ini cukup murah dimana perlembar hanya Rp.100. Jadi cukup rame dan flash disk pun bergantian. Ketika saya memasukkan flash disk ke salah satu komputer, saya berhasil membuka file yang ingin saya print. Tapi ketika saya kembali membuka flash disk tersebut di komputer rental itu, anehnya semua folder dalam flash disk berubah menjadi logo shortcut, dengan esktensi .ink.
Dan ketika di klik, folder tidak membuka malah mengakses layar command prompt. Saya langsung berpikiran flash disk rusak dan semua data saya hilang. Tapi ketika saya klik lagi, folder terbuka dan isi folder muncul.
Sampai dirumah, saya pun langsung browsing ke mbah google, mencari bagaimana cara mengembalikan folder di flash disk saya. Karena kalau tetap berbentuk shortcut, virus ini mengakses win32 yang ada di windows. Entah apa efeknya,tapi sangat susah membuka folder yang sudah berubah menjadi shortcut ini.
Akhirnya saya menemukan cara yang sangat efektif dari berbagai cara yang diberikan oleh mbah google. Berikut cara mengembalikan shortcut menjadi folder kembali.
1. Klik tombol start dan pilih RUN
2. Ketikkan CMD pada kolom isiannya, sehingga muncul layar command prompt
3. Pada layar command prompt, ketikka lokasi flashdisk anda, jika ada di F, maka ketik F: lalu Enter
4. Anda sudah berada dalam flash disk anda, coba ketikkan dir lalu enter, perhatikan apa nama-nama folder anda sudah muncul
5. Jika belum coba ketik dir/a, lihat apakah sudah terlihat
6. Jika sudah, berikut command untuk mengembalikan folder anda, ketikkan attrib –s –h –r /s /d
7. Mengetiknya harus benar sesuai seperti diatas, tunggu sebentar sampai command prompt menunjukkan hasil lokasi folder anda lagi, misal F:>
8. Silahkan cek flash disk anda lagi, dan lihat shortcut sudah kembali menjadi folder semula

0 komentar:

Posting Komentar